CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

June 11, 2010

Jurus Meneking Debt Collector

Kayanya akhir ini disekeliling Q banyak yang bahas kartu kredit deh...
Dari si Emak yang dikejar-kejar marketing CC...
Tya n her first "obligatory" CC...
Seseorang bernama Dewi yang yakin mengenal diriku tapi tak berhasil kuingat *ya emang ternyata dia salah orang sih... Vicky yang dia kenal cowok beristri wkekekeke* tiba-tiba sms n minta saran untuk masalah CC... btw, apa di Jakarta ini ada cowok beristri bernama Vicky yg orang hukum juga dengan nomer hp serupa???
Trus si mbak Natalia juga ngepost masalah CC...
dan masi banyak lagi.

Q mo skarang mo share yang kasusnya kaya si Dewi nih... Skalian ngasi solusi untuk post sebelumnya... Kalo tentang perdebatan pake ato ga pake CC dan tips pemakaian yang bener uda banyak lha ya.... Nah, kalo uda terlanjur pake & ga bisa bayar gimana???... Kalo uda keburu diteror debt collector gimana???....

Pertama... jangan panik! *hahahahahaha...standard!*

Kedua... ingat, debt collector tidak dapat menyita apapun. Yang bisa melakukan sita hanya Juru Sita berdasarkan Putusan Pengadilan dan perintah Ketua Pengadilan untuk melaksanakan sita. Jadi, kalo ada debkol yang ngancem atau bahkan nekad angkut paksa tas LV kawe telu yang blom lunas dikredit.... ambil nafas dalam-dalam.... treak "MALINGGG!!!"... eh, salah ya?...hihihihi

Ketiga... kekerasan tidak dapat ditolerir apapun alasannya. Jadi sekere-kerenya orang... sepelit-pelitnya... senyolot-nyolotnya... seangker-angkernya... ga boleh dijotos. Jangankan dikasi bogem, dicubit aja ga boleh... Btw, cubit termasuk penganiayaan ringan lohhhh... hayo sapa yg pernah nyubit ART karna ga mudeng" dikasi tau?... bisa kena pasal KDRT tuh! Ok kembali ke AJ... Kalo sampe ada debkol yang pake kekerasan, cepet laporin polisi.

Tapi biasanya kalo bank nya kredibel, si debkol, yang biasanya di-out-source ke perusahaan lain, uda di wanti-wanti untuk ga ngelakuin 2 hal diatas coz bank juga harus jaga image. Mentok-mentok ya debkolnya pamer otot ato atribut....

Next step...

bayar cuy!

Hah??...bayar??... pan uda dibilangin tak ada hepeng!

Iya, iya, tauuuu... tapi utang adalah utang. Tetep harus dibayar. Nah supaya pemakai CC ga dosa dunia-akhirat gara" ga bayar utang, dan supaya perekonomian Indonesia ga goncang utang macet yang menggunung akibat PHK masal nan mendadak... Datengin tuw banknya. Jelaskan kalau ga bisa bayar tagihan karna suatu alasan yang masuk akal n bisa diterima. Misalnya, bisnis macet atau baru saja di PHK dan belum dapat kerjaan lagi. Lalu minta reschedule pembayaran sesuai dengan kesanggupan kita. Trus kalo uda ada kesepakatan dengan bank tentang jumlah yang harus dibayar, jangka waktu pembayaran dan jumlah tiap pembayaran (cicil), tuangkan dalam tulisan a.k.a perjanjian tertulis.

Yup! Penting banget untuk dibuat tertulis supaya kitanya ingat dan terpacu untuk membayar, juga sebagai bukti kalau bank sudah setuju untuk pelunasan dengan cara baru yang sudah disepakati. Bank juga bisa melihat keseriusan kita melalui pernjanjian tersebut, karena dengan perjanjian itu bank bisa menuntut seandainya kita ga berhasil memenuhi jadwal yang udah disepakati.

Perjanjiannya sederhana aja, ga perlu ke notaris... cukup identitas kita & perwakilan bank, jumlah yang harus dilunasi, cara pembayaran, waktu pembayaran, dan tanda tangan masing-masing pihak. Bikin rangkap 2 supaya masing-masing pihak pegang aslinya.

Inget... negonya sama orang bank di kantor banknya ya... Jangan sama debkol karena mereka tidak punya wewenang untuk reschedule. Juga jangan sama orang bank diluar kantor... b e r b a h a y a.

Oia!... satu hal lagi yang penting. Jangan menjaminkan barang apapun di pernjanjian reschedule yah! Dan sebaiknya juga jangan menjaminkan diri meskipun yang dikejar-kejar debkol itu keluarga dekat.

Owkiedowkie... itu hasil setaun di lawfirm pengacara noban ampe puas di bidang perkartugesekan :D

2 comments:

adhinatalia said...

ahahahahaha....Ini keren banget!! :D Sungguh...Wejangan padet info tp seger....aq link ke blog quw ya...Lawfirm pengacara noban? Bisa aja...Tapi mulia loh...Bs kasi info Trafiking/Adopsi Ilegal..Mungkin aq senin ke kantormu deh Mbak....Klo ga ke Komnas Anak...ada yg minta bantuan tp ga tau bener atw kaganya posisi si Ibu...jd aq pelajari dl...halahhh gaya ya...:))

Vicky said...

hehehe...
makasi mbak Natalia :)
Iya, mbak...masakalah sih bole susah, gaya tetep dong...hahahaha biar gw korslet :p

ato ga ke LBH Apik mbak... kayanya mereka lebih menguasai masalah adopsi.

*penasaran.com*